Heboh, Pameran Seni Kaligrafi Islam Kontemporer Virtual Pertama di Indonesia

Redaksi   |   Seni dan Budaya  |   Minggu, 11 Oktober 2020 - 09:15:55 WIB   |  dibaca: 338 kali
Heboh, Pameran Seni Kaligrafi Islam Kontemporer Virtual Pertama di Indonesia

Sandiaga Uno sedang mengamati kaligrafi dirinya, karya M. Arif Syukur.

Suaramediautama.com, Jakarta | Sebanyak 150 Kaligrafi Islam Kontemporer karya M. Arif Syukur dipamerkan secara virtual dengan pendekatan 3D interaktif berjalan lancar dan sukses. Pameran diselenggarakan di Jakarta, Sabtu 10 Oktober 2020.

M. Arif Syukur, seorang kaligrafer juga motivator ini menjelaskan, pameran seni karyanya kali ini mengangkat tema “World Turn, Art Turn”. Menurutnya, ketika kondisi dunia berubah, maka seni, khususnya kaligrafi harus juga beradaptasi dengan perubahan.

“Berdakwah melalui seni kaligrafi yang bersifat universal, lebih bisa diterima semua kalangan. Dengan ilmu, hidup jadi terarah, dengan ilmu/teknologi, hidup jadi mudah, dan dengan seni, hidup terasa lebih indah,” jelas M. Arif Syukur.

Menurut pengamatan redaksi suaramediautama.com, karya yang dihadirkan sangat indah, dengan tumpukan huruf kaligrafi arab dengan balutan garis yang berpadu dalam bentuk corak dan warna, sangat mengundang decak kagum dan keingintahuan makna apa yang tersembunyi di balik karya yang disuguhkan. 

Karya seni yang dipamerkan, dihasilkan dari proses manual (tangan) dan digital (komputerisasi), memilki kekuatan tersendiri dalam setiap karyanya. Pemanfaatan teknologi dalam berkarya yang ditampilkan menjadi kewajaran, karena sang kaligrafer pernah mengenyam pendidikan seni rupa, jurusan desain grafis di Universitas Negeri Medan.

“Beberapa tokoh publik menikmati karya saya, seperti Gubernur DKI Jakarta, Sekda DKI Jakarta alamarhum Bapak Saifullah, Ustadz Adi Hidayat, Ketua MUI Jakarta KH. M. Munahar, Mantan Ketua MK Prof. DR. Hamdan Zoelva dan masih banyak lagi," tegas Arif, sapaan akrab sang kaligrafer ini.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan bahwa pameran ini sedang diproses dicatatkan ke Museum Rekor Dunia Indonesia, sebagai pameran tunggal kaligrafi Aksara Arab kontemporer pertama yang diselenggarakan secara virtual.

Arif yang juga sebagai Kasubdiv. Pemberdayaan Masyarakat Jakarta Islamic Centre dan Anggota Bidang Seni Budaya MUI Jakarta ini, bertekad mengembangkan seni kaligrafi ke masyarakat sebagai perwujudan Islam Rahmatan Lil 'Alamin.

Untuk melihat karya yang dipamerkan bisa diakses di: https://10102020.islamicartexhibition.com/

Selamat menikmati karya besar dalam sejarah peradaban di Indonesia. Menikmati karya seni nan indah besutan anak bangsa secara virtual, semoga mampu mewisatai jiwa dan hati penikmat seni kaligrafi. (Rosidi/SU/Red).

Profil Redaksi

Redaksi

Penulis: (Adi/SU)

Penulis adalah aktif di dunia tulis menulis, juga seringkali menulis kolom dan tulisan-tulisannya dimuat di beberapa harian nasional.

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px



Komentar Facebook