LSM LIRA LUNCURKAN INDONESIA BERMASKER HADAPI COVID-19

Redaksi   |   Kesehatan  |   Selasa, 08 September 2020 - 08:21:58 WIB   |  dibaca: 115 kali
LSM LIRA LUNCURKAN INDONESIA BERMASKER HADAPI COVID-19

Suaramediautama.com, Jakarta — LSM LIRA (Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat) tidak pernah kering ide dan gagasan. Kali ini meluncurkan Gerakan Indonesia Bermasker (GIB) menghadapi Pendemi COVID-19. 

Gerakan Indonesia Bermasker (GIB) ini, menurut Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal kepada media di Jakarta dalam rangka mendorong kesadaran masyarakat untuk disiplin menggunakan masker ditengah Pendemi Covid-19 yang terus menunjukkan angka kenaikan.

Menurutnya, penggunaan masker dapat menjaga penularan Civid-19 dilingkungan untuk menjaga diri kita serta orang lain. Karena itu tagline yang digunakan LSM LIRA adalah “Jaga Dirimu, Jaga Diriku”. Kemudian dengan tagline yang lebih luas adalah “Jaga Diri, Jaga Negeri”.

Menjawab pertanyaan media, kenapa LSM LIRA meluncurkan Gerakan Indonesia Bermasker (GIB) ini, menurut Jusuf Rizal yang juga Sekjen Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) itu, karena saat ini tingkat kesadaran masyarakat menggunakan masker masih rendah. Tingkat kedisiplinan menggunakan masker ditempat keramaian, seperi pasar dll perlu ditingkatkan.

“Saya sering mengunjungi pasar tradisional, maupun beberapa tempat keramaian masih banyak yang belum memiliki disiplin menggunakan Masker. Ini bisa dilihat dengan tingginya pelanggaran di DKI Jakarta hingga Pemda bisa mengumpulkan lebih dari Rp. 4 milyar dari denda tidak memakai masker,” tegas pria berdarah Madura-Batak itu.

Melalui Gerakan Indonesia Bermasker (GIB) ini, LSM LIRA nengajak semua elemen bangsa ikut ambil bagian agar Pendemi Covid-19 ini bisa cepat berlalu. Jika masyarakat Kita tidak disiplin, maka pendemi covid-19 akan terus bertambah. Dampaknya bukan hanya kematian dan penderita yang terus meningkat, tetapi Perekonomian bangsa bisa porak poranda.

Jusuf Rizal juga menghimbau media Online seperti Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) ikut mensosialisasikan Gerakan Indonesia Bermasker (GIB) agar masyarakat makin memiliki kesadaran ikut mencegah penyebaran COVID-19. Media memiliki peran strategis dalam membantu penyebaran informasi untuk menyadarkan masyarakat, pentingnya penggunaan masker

Selain menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, olahraga dan yang tidak kalah penting, sebagaimana himbauan Kementerian Kesehatan adalah mengkumsumsi vitamin untuk menjaga imunitas tubuh. Masyarakat perlu memperbanyak konsumsi vitamin C, E dll. Karena Covid-19 cepat menular pada mereka yang daya tahan atau imunitas tubuhnya kurang. (SU/Red)

Profil Redaksi

Redaksi

Penulis: (Adi/SU)

Penulis adalah aktif di dunia tulis menulis, juga seringkali menulis kolom dan tulisan-tulisannya dimuat di beberapa harian nasional.

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px



Komentar Facebook